Scroll ke bawah untuk melihat konten
Evaluasi BMR SMA/SMK/MA

Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Bab 6 Kelas X

×

Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Bab 6 Kelas X

Sebarkan artikel ini
Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas X SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: budayamelayuriau.org)

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: X SMA/SMK/MA
Bab 6: Tari dan Musik Melayu Riau

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas X terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

I Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang benar!

1. Tarian yang tumbuh dan berkembang secara turun temurun di dalam suatu komunitas budaya disebut…

a. tari tradisional
b. tari kreasi 
c. tari modern 
d. tari kontemporer

Jawaban: a. tari tradisional

2. Musik gendang beregung terdiri dari alat musik sebagai berikut, kecuali…

a. gong dan gendang
b. calempong dan gendang
c. gong dan calempong
d. biola dan gambus

Pembahasan:
Pertunjukan gendang beregung dimaksudkan untuk mengagungkan suatu upacara atau seremonial. Musik ini dipertunjukan saat mengarak pengantin, sunat rasul, silat ataupun menyambut tamu kehormatan. Gendang beregung menggunakan alat musik berupa gong, dua buah gendang panjang, calempong tingkah dan calempong penganak.

Jawaban: d. biola dan gambus

3. Gerakan tari yang menampilkan keriangan dan kegembiraan dengan intonasi ringan, sedang, dan lincah, kecuali…

a. joget lambak
b. tari zapin
c. joget sonde
d. tari mak yong

Baca Juga:  Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Bab 1 Kelas XII

Pembahasan:
Joget Sonde
Gerakan tari joget sonde menampilkan keriangan dan kegembiraan dengan intonasi ringan, sedang, dan lincah. Para penari terdiri dari empat hingga belasan penari,  berbadan gemuk, dan bersolek agak norak. Penari memakai kain panjang atau rok terusan panjang yang dilengkapi dengan selendang dan minyak wangi yang semerbak. Penari joget sonde adalah gadis-gadis dari suku asli di Sonde di Meranti.

Joget Lambak
Gerakan-gerakan di dalam joget lambak lebih banyak menggunakan  gerakan kaki, baik melangkah ke samping, ke depan, maupun berputar. Tarian diiringi musik gendang yang berbunyi “dang” dan “gong” yang berbunyi “gung.” Lagu-lagu pengiring ialah Dondang Sayang, Tanjung Katung, Anak Kala, dan Serampang Laut. Joget lambak mengungkapkan rasa kegembiraan dengan gerakan-gerakan yang lincah, musik dengan irama cepat, dan lagu-lagu dengan syair untuk bersenang-senang.

Mak Yong
Tari Makyong dibawakan dalam dipertunjukkan Mak Yong. Para penari melakukan tarian ringan dengan gerakan sederhana menggambarkan watak lakon yang diperankan. Misalnya seorang wanita pemeran Pak Yong harus memperlihatkan gerakan yang cekatan untuk menggambarkan bahwa dirinya adalah seorang pria.

Tumbuh dan berkembang kesenian Makyong bermula dari tarian joget atau ronggeng. Perkembangan selanjutnya memainkan cerita-cerita rakyat, legenda, kisah-kisah kerajaan. Pada masa ini, pertunjukan dipentaskan di kampung-kampung dalam perayaan-perayaan komunal.

Mak Yong mengalami kejayaan pada masa keemasan kesultanan-kesultanan yang berkuasa di negeri-negeri Melayu. Kesenian Makyong mendapat perhatian kerajaan dan mulai dipertunjukkan di lingkungan istana. Pada masa ini, Mak Yong menjadi bagian dari pertunjukan yang hanya tersedia di istana.

Baca Juga:  Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Kelas IX Bab 10

Tari Zapin
Gerak tari zapin menitikberatkan pada gerak kaki, sedangkan gerak isyarat tangan dan lengan hanya bertindak sebagai penyeimbangan yang mempunyai bentuk sendiri, misalnya mengayuh sampan, mengayun bebas, memegang bagian depan kemeja dengan satu tangan dan tangan lain di belakang, telapak tangan terbuka atau mengepal dengan jari telunjuk menunjuk dengan anggun.

Pada zaman dahulu, tari zapin hanya dilakukan oleh kaum pria, terdiri dari dua penari dewasa maupun anak-anak. Saat ini sudah ditarikan oleh laki-laki dan wanita berpasang-pasangan. Pakaian tari wanita memakai kebaya panjang, kain tenunan siak, hiasan kembang goyang, bersanggul, dan gelang dan dukuh (rantai papan). Sedangkan penari laki-laki memakai baju teluk belanga, kain sarung tenun siak, dan tutup tanjak. Lagu pengiring zapin antara lain nasib lancang kuning, pulut hitam, bismillah, sayang serawak, tanjung balai, dan anak ayam patah, ensambel musik berupa sebuah gambus dan tiga buah marwas. 

Jawaban: b. tari zapin

4. Tari persembahan atau disebut juga dengan tari makan sirih dikreasikan pertama kali oleh…

a. OK. Nizami Jamil
b. Idrus Tintin
c. Tenas Effendy
d. Ibrahim Sattah

Pembahasan:
Tari persembahan atau disebut juga dengan tari makan sirih dipertunjukan dalam penyambutan tamu kehormatan atau dimulainya suatu perhelatan. Tarian ini diiringi lagu makan sirih dan mulai diperkenalkan pada tahun 1950-an di Pekanbaru yang  dikreasikan oleh OK. Nizami Jamil. 

Baca Juga:  Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Bab 2 Kelas XI

Jawaban: a. OK. Nizami Jamil

5. Tarian yang berkembang di dalam lingkungan istana dan perkenalkan oleh budaya asing sebagai hasil dari diplomasi budaya disebut…

a. tarian mak yong
b. tari kontemporer
c. tarian zapin 
d. tarin klasik 

Pembahasan:
Tarian klasik adalah tarian yang berkembang di dalam lingkungan istana, dibawa atau dipengaruhi oleh budaya asing sebagai hasil interaksi atau diplomasi budaya.  Gerakan tarian klasik berbeda dengan gerakan tarian rakyat. Tarian klasik disusun dari kegemulaian dan kewibawaan pemimpin tari mengikuti pakem atau aturan yang telah baku, dan diawasi secara ketat agar tidak melanggar norma-norma yang terdapat di dalam istana.

Jawaban: d. tarin klasik 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *