Scroll ke bawah untuk melihat konten
Kesenian

Nandong, Nyanyian Pengantar Tidur Kuantan

×

Nandong, Nyanyian Pengantar Tidur Kuantan

Sebarkan artikel ini
Nandong, nyanyian pengantar tidur yang terdapat di Kuantan. (foto: budayamelayuriau.org)

NANDONG adalah genre sastra lisan berupa nyanyian pengantar tidur anak di kalangan masyarakat Melayu Kuantan, Riau.

Secara harfiah, nandong berarti nyanyian, alunan, lagu, atau irama (dengan maksud yang mendengar merasa terbuai) yang dibawakan sebagai pengantar (pembujuk) tidur. Dalam pemaknaan Melayu Kuantan, nandong dibedakan dari sananduang, basananduang (senandung). Nandong hanya untuk menidurkan anak, sedangkan senandung merupakan nyanyian untuk diri sendiri.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

Nandong mengandung nilai-nilai ataupun nasihat-nasihat bijak yang berupa ajaran-ajaran agama, nasihat, kasih sayang, harapan-harapan, kritikan, kerinduan ataupun keluh kesah yang diekspresikan secara eksplisit atau dengan bahasa kias.

Nandong dikenali memiliki tujuh irama berbeda. Ketujuh irama tersebut tidak diberi nama khusus sehingga hanya dikenali dari nadanya saja. Liriknya berbentuk pantun dan frasa yang memiliki persamaan sajak untuk menjaga keindahan lirik.

Istilah nandong juga digunakan di dalam beberapa ritual, misalnya di dalam babalian, manumbai, menebang kayu jalur, membuka ladang, menurunkan benih, dan mengusir hama ladang. Namun nandong dalam konteks ini hanya merujuk kepada teknik penyampaian secara nandong seolah-olah kepada anak yang harus harus dilindungi, dibujuk, ataupun dilimpahi kasih sayang.

Nandong juga sering digunakan dalam cerita rakyat. Misalnya dalam cerita Putih Runduak Putih Rauwani yang berkisah tentang seekor kerbau yang memiliki seorang anak gadis yang cantik. Setiap kali sang ibu hendak pergi atau pulang bekerja, ia selalu bernandong meminta kepada anaknya untuk membukakan pintu. Di dalam cerita Kanulit, nandong dilantunkan saat Kanulit (seorang perempuan) menandongi sekuntum bunga yang selalu mengejarnya saat mandi di sungai. Selain cerita rakyat di atas, masih banyak cerita rakyat lainnya yang mengandung nandong di dalamnya yang memperlihatkan luasnya pengaruh nandong dalam tradisi lisan Melayu pada umumnya, dan Melayu Kuantan khususnya.

Baca Juga:  Seni Pertunjukan Koba

Bentuk dan Penyajian
Di dalam penyajian, nandong dilantunkan oleh seorang perempuan dalam peran ibu, jarang laki-laki melakukannya. Hal ini terkait dengan fungsi kultural ibu sebagai pengasuh anak dan pemberi nilai-nilai dasar kebaikan.

Penyajian nandong umumnya menyesuaikan waktu tidur anak pada pagi, tengah hari, dan siang menjelang sore. Nandong jarang dilantunkan pada malam hari.

Peran Nandong
Nandong tidak hanya berfungsi sebagai nyanyian pengantar (pembujuk) tidur semata, tetapi juga menjadi media untuk menyampaikan pesan, terutama nilai-nilai kebaikan yang diharapkan dapat tertanam dalam pikiran anak. Dengan demikian, nandong juga menjadi sarana pendidikan awal.

Lirik Nandong
Lirik nandong tersusun dari frasa dan pantun yang saling berjalin menjadi satu rangkaian. Frasa digunakan sebagai pembuka dan penghubung yang menjadi perekat antar pantun.

Lirik nandong dilantunkan bukan secara hafalan, selayaknya tradisi lisan lainnya. Pelantunannya merupakan ruang ekspresi dan improvisasi individual sang pelantun terhadap lirik formulaik yang ada. Tiap lantunan nandong menjadi bentuk penyajian tunggal karena pelantun yang sama tidak akan menampilkan nandong secara sama pada waktu yang berbeda.

la dilolok nak
sayang babuai
tiduarlah sayang nak ayun

babuai ayun
tiduarlah nak sayang

godanglah nak dore
tompek bagantuang sumangek omak

jiko anak godang nak dore
konang nak nasib untuang nen malang

tiduarlah sayang tiduar den buai
dalam buayan nak buruak omak

Baca Juga:  Nyanyian Timang Anak, Onduo Ulakbosa

kok godang bisuak nak
konang jo omak

usah babiduak nak, usaha badayuang
badayung badai kok tibo
iyo badayuang nak badai kok tibo
usahlah duduak nak, usah bamonuang
bamonuang hati nak, iyo kok ibo

sayang la bujang nak
yo den ayunan sayang

i la lae sayang babuai nak
anak bujang sayangi

la lae sayang nak sayang
den ayun, tiduarlah nak

babuai sayang babuai
tiduarlah nak tiduarlah sayang

kok tiduar nak tiduarlah sayang
babuai omak buaian

iyo kok tiduar nak jangan bolaku
sayang di omak juo nen kini

payah bonar nak baladang padi
baladang padi nak yo den serakkan
tumbuah nak diujung oo inyo
tumbuah nak diujung inyo
payah bonar nak di dalam hati
den sobuak nak buruak jadinyo
den sobuak nak buruak jadinyo

sayang di mano kini
lo la dilolok nak e lo la
la la den lo la la di lo

taruntun nak tali taruntun
ndak batali bonang lai
matohari bajojak turun nak
pikiran omak tak sonang lai
pikiran omak tak sonang lai

ambiak rotan paotuar timbo
panimbo nak Lubuak Sumboyang
ambiak eten lotakken iko
jangan baduo tompek sayang
jangan baduo tompek sayang

Nandong dalam bentuk kekinian

Rujukan:
1. Derichard H. Putra. 2013. Nandong untuk Anakku. Tesis pada Program Studi Antropologi FIB Universitas Gadja Mada: Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *