Scroll ke bawah untuk melihat konten
Pakaian MelayuUtama

Jenis-jenis Pakaian Melayu Berdasarkan Penggunaan

×

Jenis-jenis Pakaian Melayu Berdasarkan Penggunaan

Sebarkan artikel ini
Pakaian Pengantin Pekanbaru diperagakan model pada Seminar Upacara Adat Melayu Riau. Pakaian pengantin adalah salah satu jenis dari pakaian Melayu dilihat dari penggunaan. Foto: Dok. Disbud Riau

PAKAIAN MELAYU atau baju Melayu adalah pakaian tradisional yang digunakan oleh masyarakat Melayu. Pakaian Melayu terdiri atas dua bagian utama, yaitu: 1) baju, dan 2) seluar (laki-laki) atau kain (perempuan). Selain pakaian utama, pakaian Melayu juga dilengkapi oleh aksesori pakaian.

Aksesoris pakaian yang digunakan oleh kaum laki-laki adalah songkok, tanjak, keris, kain samping, selempang, bengkung pinggang, butang, dan kasut. Aksesoris pakaian yang digunakan oleh kaum perempuan adalah tudung atau selendang, sunting, sanggul, dokoh , semat/peniti dan kasut.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

Jenis Pakaian Melayu Berdasarkan Penggunaan
Jika dilihat dari penggunaan, pakaian Melayu Riau terdiri atas empat jenis yaitu pakaian harian, pakaian upacara resmi, pakaian upacara adat, dan pakaian upacara pernikahan. Namun, ada juga yang membaginya dengan lima jenis yaitu pakaian harian, pakaian setengah resmi, pakaian resmi, pakaian keagamaan, dan pakaian upacara perkawinan. 

1. Pakaian Harian
Pakaian harian digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Pakaian ini dibedakan menjadi pakaian anak-anak, orang dewasa, dan orang tua atau setengah baya. Pakaian harian dipakai pada saat melaksanakan kegiatan sehari-hari, misalnya bekerja, bermain, ataupun saat di rumah.

Pakaian harian dibedakan dengan beberapa jenis yaitu pakaian harian masa kanak-kanak, pakaian orang dewasa, dan  pakaian orang tua dan setengah baya.

2. Pakaian Upacara Resmi
Pakaian upacara resmi digunakan saat menghadiri kegiatan-kegiatan formal kerajaan, pemerintahan, ataupun adat.  Pakaian ini meliputi keseluruhan pakaian beserta dengan perlengkapan dan aksesoris yang melekat pada pakaian tersebut. Pakaian upacara resmi dibedakan menjadi dua bagian yaitu pakaian resmi laki-laki dan pakaian resmi untuk perempuan. 

Baca Juga:  Baju Kurung Teluk Belanga

3. Pakaian Upacara Adat
Pakaian upacara adat atau disebut juga pakaian setengah resmi adalah pakaian yang digunakan saat pelaksanaan adat istiadat. Upacara adat misalnya berandam, khatam Al-Qur’an, berinai, turun mandi, sunat rasul, dan perkawinan.

4. Pakaian Upacara Pernikahan
Pakaian upacara pernikahan adalah pakaian yang digunakan oleh pengantin baik laki-laki maupun perempuan. Pakaian ini dikenakan oleh pengantin dalam upacara bersanding atau hari langsung. Setiap wilayah di Riau memiliki bentuk dan motif pakaian pengantin yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *