Scroll ke bawah untuk melihat konten
Permainan Tradisional

Permainan Harimau dan Kancil

×

Permainan Harimau dan Kancil

Sebarkan artikel ini
Permainan Harimau dan Kancil. (foto: budayamelayuriau.org)

HARIMAU DAN KANCIL adalah sejenis permainan anak-anak yang memerankan tingkah laku harimau menangkap kancil. Permainan ini biasanya dilakukan pada jam-jam istirahat sekolah yang merupakan hiburan untuk mengisi waktu senggang dan terlepas dari peristiwa tertentu yang dimainkan untuk sekedar melepaskan hasrat bermain pada anak-anak serta untuk menyalurkan kreativitasnya. Anak-anak akan menikmati kegembiraan bersama di samping memperkenalkan bagaimana sifat harimau yang merupakan binatang buas.

Permainan harimau dan kancil dimainkan secara berkelompok. Tiap kelompoknya berjumlah 10 hingga 14 orang. Dapat dimainkan oleh anak laki-laki atau anak perempuan yang berumur sekitar 7 hingga 12 tahun. Permainan ini biasanya dilakukan di halaman rumah atau di lapangan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

Peraturan Permainan
Pertama, seluruh pemain saling berpegang tangan dengan posisi melingkar, kemudian dipilih dua orang teman untuk jadi harimau dan kancil. Biasanya untuk memerankan harimau orangnya dipilih haruslah berbadan besar. Sebagai awal, kancil berada di dalam lingkaran dan harimau di luar lingkaran.

Kedua, harimau berusaha masuk ke dalam lingkaran untuk menangkap kancil akan tetapi harimau selalu dihalangi oleh pemain yang melingkar. Kesan lucu dapat dilihat ketika bagaiamana kencil bersembunyi ketakutan, sambil lari terbirit-birit. Sedangkan harimau yang tingkah laku garang kadang-kadang mengaum, melompat, dan berusaha menerobos lingkaran pagar untuk menengkap kancil.

Baca Juga:  Permainan Galah Panjang

Pemain dinyatakan kalah jika harimau dapat menangkap kancil baik di dalam maupun di luar lingkaran, jika permainan akan dilanjutkan, kembali dipilih diantara pemain tersebut siapa yang jadi harimau dan siapa pula yang jadi kancil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *