Scroll ke bawah untuk melihat konten
Evaluasi BMR SMP/MTs

Jawaban Esai BMR Kelas VIII Bab 11 Produk Kreatif Melayu Riau

×

Jawaban Esai BMR Kelas VIII Bab 11 Produk Kreatif Melayu Riau

Sebarkan artikel ini
Buku Muatan Lokal (Mulok) Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas VIII SMP/MTs ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: budayamelayuriau.org)

Soal-soal evaluasi ini bersumber kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas VIII terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar.

Mata Pelajaran : Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: VIII SMP/MTs
Bab 11: Produk Kreatif Melayu Riau

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

II Esai

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan ringkas!

1. Jelaskan bidang-bidang apa saja yang bisa dijadikan sebagai potensi pengembangan industri kreatif!

Jawaban:
Potensi ekonomi kreatif tradisional Melayu Riau bisa dikembangkan pada bidang arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, fesyen, permainan interaktif, musik, dan seni pertunjukan

2. Apa yang dimaksud dengan seni bina Melayu!

Jawaban:
Arsitektur atau seni bina adalah seni merancang sebuah bangunan atau struktur lain sebelum membina (mewujudkan) bangunan atau struktur tersebut. Lingkup seni bina pada dasarnya tidak hanya mencakup perancangan, tetapi juga meliputi secara keseluruhan proses dari pembangunan termasuk bentuk rumah dan ornamen di dalamnya, teknik konstruksi, penggunaan bahan bangunan, kegunaan dan fungsi,  motif dan ukiran, kekuatan, estetika, dan filosofi. 

3. Jelaskan secara ringkas genre musik tradisional Melayu Riau!

Jawaban:
Musik Melayu tradisional dapat dibagi dalam 3 jenis, yaitu musik Melayu asli, musik Melayu tradisional, dan musik Melayu modern.

Baca Juga:  Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Kelas VIII SMP/MTs Bab 9

Musik melayu asli ditandai dengan penggunaan alat musik berupa gendang ataupun alat musik sederhana semisal beduk, gambang, dan ketuk-ketuk.

Musik Melayu tradisional menggunakan alat musik berupa gong, rebana, rebab, marwa, serunai, gubano, nobat, suling, calempong, dan gambus.

Musik Melayu modern menggabungkan instrumen alat-alat musik yang terdapat pada musik Melayu asli, tradisional dan alat musik Barat. Musik Melayu modern menghasilkan variasi-variasi musik yang bervariasi dengan ciri khas adanya penggunaan alat musik barat yang menonjol semisal biola, akordeon, dan orgen.

4. Sebutkan apa saja contoh produk kreatif Melayu dari kuliner!

Jawaban:
Kuliner Melayu menghasilkan beragama makanan dan minuman. Misalnya gulai-gulaian seperti gulai terung, gulai daun ubi, gulai ikan, gulai burung kuaran. Penganan misalnya lempuk durian, bolu komojo, bolu pisang dan ubi, kue bangkit, lemang, pulut, lepat, gelamai, dan lain sebagainya

5. Jelaskan produk anyaman yang dihasilkan secara tradisional di Riau!

Jawaban:
Tikar pandan, perikat, kembut, bakul, nyiru, keranjang, tudung saji, lukah dan tangguk.

Rujukan:
Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. 2021. Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas VIII. Pekanbaru: Penerbit Narawita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *