Scroll ke bawah untuk melihat konten
Evaluasi BMR SMP/MTs

Jawaban Esai BMR Kelas VIII SMP/MTs Bab 10 Teknologi Kendaraan Bahari

×

Jawaban Esai BMR Kelas VIII SMP/MTs Bab 10 Teknologi Kendaraan Bahari

Sebarkan artikel ini
Buku Muatan Lokal (Mulok) Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas VIII SMP/MTs ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: budayamelayuriau.org)

II Esai

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan ringkas!

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

1. Jelaskanlah pengertian teknologi kendaraan air Melayu sesuai dengan prinsip kelangsungan dan kenyamanan hidup yang seimbang dengan alam!

Jawaban:
Teknologi diciptakan untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup dengan tetap mempertahankan kelestarian alam

2. Kendaraan air Melayu Riau untuk peperangan sudah tidak diproduksi, jelaskan apa penyebab terhentinya produksi tersebut!

Jawaban:
Kendaraan perang Melayu Riau saat ini tidak diproduksi lagi seiring dengan bergabungnya Riau ke dalam negara Indonesia sejak 1945. Kapal perang Melayu Riau dilestarikan melalui miniatur-miniatur yang tersimpan di musium-musium dan ada pula yang hanya nampak dalam catatan-catatan naskah lama. 

3. Secara keseluruhan, pembuatan kendaraan air Melayu Riau dibuat menggunakan bahan kayu. Jelaskan bagaimana hubungan teknologi dan keseimbangan alam!

Jawaban:
Peralatan transportasi air di Riau dibangun menggunakan bahan dasar kayu. Penggunaan bahan kayu dimaksudkan agar tetap menjaga keseimbangan alam. Kayu lebih mudah terurai jika kendaraan tenggelam atau ditenggelamkan karena sudah tidak layak pakai. Kendaraan yang tenggelam tersebut tidak merusak ekosistem air di sekitarnya. Hai itulah yang dimaksud dengan teknologi yang sejalan dengan keseimbangan alam.

4. Jelaskan apa perbedaan mendasar antara kapal dengan perahu dalam konsep orang Melayu Riau!

Jawaban:
Kapal berukuran besar, berdaya muat besar, dan biasanya memiliki geladak. Kapal dapat dibuat dari bahan kayu atau besi, dan digerakkan dengan layar atau mesin uap. Selain ukuran, perbedaan kapal dengan perahu tampak pada geladak dan bentuk rangka.

Baca Juga:  Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal BMR Kelas VII SMP/MTs Bab 1

Perahu berukuran lebih kecil dari kapal. Perbedaannya dengan kapal, perahu tidak memiliki geladak tetapi hanya memiliki lantai biasa tanpa dandan. Perahu digunakan untuk mengangkut barang atau penumpang. Digerakkan menggunakan layar dan juga menggunakan pendayung.

5. Tuliskanlah dua jenis kendaraan air yang berfungsi sebagai alat angkutan dan dua jenis kendaraan air untuk penangkapan ikan!

Jawaban
Kendaraan angkut yaitu jukung dan kapal,
Kendaraan penangkapan ikan yaitu biduk dan perahu payang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *