Scroll ke bawah untuk melihat konten
Evaluasi BMR SMP/MTs

Jawaban Esai BMR Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 Kueh-mueh Tradisional Melayu Riau

×

Jawaban Esai BMR Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 Kueh-mueh Tradisional Melayu Riau

Sebarkan artikel ini
Buku Muatan Lokal (Mulok) Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas VIII SMP/MTs ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: budayamelayuriau.org)

II Esai
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan ringkas!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah kue-mueh atau juadah dalam kebudayaan Melayu Riau!
Jawaban: Kue-mueh adalah penganan atau disebut juga dengan istilah juadah yang dihidangkan sebagai makanan kecil.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

2. Jelaskan perbedaan yang mendasar antara kue basah dengan kue kering dan sebutkan lima macam kue kering dan juga lima macam kue basah!

Jawaban:
Kue basah ialah kue yang sifatnya mengandung air, lunak, lembut, biasanya tidak tahan lama. Pada umumnya kue jenis ini hanya tahan untuk satu-dua hari, meskipun ada juga beberapa jenis yang dapat bertahan selama satu bulan.
Kue kering lebih tahan disimpan dalam jangka waktu lama, misalnya kue-kue untuk hari raya dan hari-hari besar Islam.

Contoh kue basah: hasidah, amban sari, epok-epok, buah melaka, lepat

Contoh kue kering: kue bangkit, kue beras kacang, kue kacang, kue kembang goyang, kue bawang

3. Jelaskanlah bahan-bahan yang digunakan dalam membuat kue epok-epok dan deskripsikan pula cara membuatnya!

Jawaban:
Epok-epok adalah jenis kue basah yang bentuknya seperti pastel dan dalamnya diberi inti. Bahan pembuatan kulit epok-epok menggunakan ubi jalar, air, kuning telur, margarin dan garam secukupnya. Bahan isinya juga beragam, ada yang terbuat dari udang kering (ebi), kelapa parut, serai, bawang merah, bawang putih dan cabe, dan ada pula yang hanya dibuat dari parutan kelapa dan gula merah. Semua bahan kulit dicampur, diuleni dan ditipiskan dengan ampia. Ebi digiling halus. Bawang merah, bawang putih, cabe dan serai digiling halus dan campurkan ebi dan parutan kelapa. Aduk rata dan goreng sampai kuning dan garing. Isi kulit dengan bahan isi, lalu bentuk seperti pastel kecil, baru kemudian digoreng dengan api kecil.

Baca Juga:  Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Bab 1 Kelas XI

4. Jelaskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue lapis dan kemudian deskripsikan cara membuatnya!

Jawaban:
Kue Lapis adalah jenis kue basah yang bentuknya berlapis-lapis, biasanya merah, hijau, kuning, dan putih. Bahan dasar pembuatnya adalah tepung yaitu tepung beras, tepun terigu, tepung kanji, tepung beras, ataupun tepung pulut. Bahan lainnya adalah santan, gula merah atau gula pasir, garam dan pewarna.

Cara membuat
Mula-mula tepung diadon dengan santan, gula dan pewarna, kemudian dibagi untuk diberi warna yang berbeda. Siapkan cetakan di atas pengukus. Bila telah panas tuangkan selapis tipis adonan. Tunggu sampai setengah matang, masukkan lagi lapis kedua, ketiga, dan seterusnya dengan warna berbeda. Biasanya warna-warna yang dipakai adalah merah, hijau dan putih (tanpa pewarna). Begitu seterusnya sampai adonan habis. Kukus sampai masak. 

5. Jelaskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat keu rempah sari khas Pekanbaru dan deskripsikan cara membuatnya!

Jawaban:
Bahan-bahan kue rempah sari adalah tepung beras, tepung gula, parutan kayu manis, minyak kelapa, garam dan kuning telur.

Cara membuat
Semua bahan diaduk hingga tercampur rata, kemudian dicetak sesuai selera dan dibakar diatas bara atau menggunakan oven panas sedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *