Scroll ke bawah untuk melihat konten
Makanan Tradisional

Kue Kering Melayu Riau

×

Kue Kering Melayu Riau

Sebarkan artikel ini
Kue Kacang Pukul, salah satu varian keu kering yang terdapat di Rokan Hilir. (foto: budayamelayuriau.org)

KUE KERING adalah kue yang memiliki kandungan air sangat rendah jika dibandingkan dengan kue basah. Kue kering biasanya dibuat dengan cara digoreng, dipanggang, ataupun dibakar. Kue kering lebih tahan lama dari kue basah.

Jenis-jenis Kue Kering
Kue kering terdiri atas beberapa jenis. Berikut disenaraikan berapa jenis kue kering tradisional yang terdapat di Riau.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

Kue Bangkit
Jenis kue kering yang rasanya manis dan agak keras, tapi bila dimasukkan ke mulut seperti meleleh. Kue ini sangat dikenal dengan jenis kue yang dapat bertahan lebih lama dibanding jenis kue lainnya. Kue bangkit memiliki banyak varian dan tersebar luas di Riau.

Kue Beras Kacang
Kue beras kacang berasal dan berkembang di Pekanbaru. Kue ini adalah jenis kue kering yang dari terbuat kacang tanah, tepung beras, kacang tanah, gula pasir halus, minyak samin, garam dan vanili secukupnya. Cara membuatnya, kacang tanah digongseng kemudian dipisahkan dari kulit arinya dan ditumbuk kasar. Aduk bahan-bahan lain sampai rata dan tambahkan kacang yang telah ditumbuk. Aduk hingga rata. Setelah itu cetak adonan dibentuk bulat setengah bola dan bakar dengan api kecil hingga kering.

Kue Kacang
Kue adalah sejenis kue kering. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue ini dalah kacang tanah, tepung terigu, gula pasir, minyak goreng dan soda kue secukupnya. Cara membuatnya, kacang tumbuk hingga halus. Tepung terigu diaduk dengan minyak, gula dan soda kue hingga rata. Masukkan kacang yang telah dihaluskan, kemudian aduk kembali hingga rata. Adonan dicetak dan olesi permukaannya dengan kuning telur kemudian dibakar hingga masak.

Baca Juga:  Lepat

Kue Kembang Goyang, Kue Kembang Loyang, atau Kue Kincah
Kembang goyang berbentuk seperti kelopak bunga. Bahan-bahan untuk membuatnya yaitu tepung beras, telur, gula pasir dan santan kelapa. Cara membuatnya, campur tepung beras bersama telur, gula pasir dan santan, aduk hingga merata. Panaskan minyak, celupkan cetakan kembang goyang ke dalam minyak hingga panas kemudian celupkan cetakan ke dalam adonan dan celupkan kembali ke dalam minyak sambil digoyang-goyang. Bila adonan telah lepas dari cetakan goreng hingga kering. Mekipun pada umumnya kue ini rasanya manis, namun juga ada yang dibuat asin. Untuk kue kembang loyang asin, gula pasir diganti dengan bumbu-bumbu bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan garam yang dihaluskan, yang kemudian dicampurkan dalam adonan. Cara membuatnya sama dengan kembang loyang yang rasanya manis.

Kue Bawang
Kue bawang adalah jenis kue kering yang terbuat dari tepung kanji, tepung terigu, telur ayam, bawang putih, bawang merah daun sop dan garam secukupnya. Cara membuatnya, aduk tepung kanji, tepung terigu, telur, bawang putih dan bawang merah yang sudah digiling, daun sop dan garam. Setelah rata, masukkan air suam-suam kuku dan adonan diuli hingga tercampur rata. Adonan kemudian digiling tipis dan dipotong-potong tipis, lalu goreng dalam minyak panas sampai kering.

Kue Lampam
Kue lampam dibuat dari bahan tepung terigu, gula pasir, santan kelapa, daun pandan, soda kue dan pewarna kuning. Cara membuatnya, santan, gula, pewarna dan daun pandan dimasak sampai kental kemudian dinginkan. Setelah santan dingin campurkan dengan tepung terigu, gula pasir dan soda kue. Aduk hingga adonan bercampur sempurna, lalu cetak bulat-bulat dan panggang dalam oven hingga kering dan masak.

Baca Juga:  Penganan Tradisional Kue Talam

Kue Rempah Sari
Kue rempah sari berasal dan berkembang di Pekanbaru. Bahan yang diperlukan untuk membuat kue rempah sari adalah tepung beras, tepung gula, parutan kayu manis, minyak kelapa, garam dan kuning telur. Cara memasaknya, semua bahan diaduk hingga tercampur rata, kemudian dicetak sesuai selera dan dibakar diatas bara atau menggunakan oven panas sedang.

Kue Sagon atau Sagun
Kue kering yang dibuat dari bahan-bahan tepung kanji, kelapa parut yang sudah dibersihkan kulit arinya, butir telur, dan gula halus. Cara membuatnya, campur tepung kanji, gula halus dan kelapa parut, lalu masukkan telur. Kemudian adonan diaduk hingga merata dan dicetak. Setelah itu bakar dengan bara atau dalam oven dengan api sedang.

Kue Sagon-sagon
Kue ini awalnya berkembang di Airmolek. Kue ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula enau atau aren, air, gula pasir, vanili dan garam. Cara membuatnya, tepung beras, kelapa, vanili, garam diaduk rata kemudian digongseng dengan api kecil sampai berwarna kuning. Gula enau direbus dengan air sampai kental, tuangkan dalam adonan yang sedang digonseng sambil terus diaduk. Bila telah masak angkat dan cetak.

Kue Kue Sagu
Kue sagu dikembangkan di Selatpanjang. Bahan-bahan yang diperlukan adalah sagu Selat Panjang, tapai hitam yang telah ditoskan airnya, minyak goreng, gula halus, tepung beras dan kuning telur. Cara membuatnya, semua bahan dicampur dan diaduk rata kemudian dicetak dan dibakar hingga masak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *