Scroll ke bawah untuk melihat konten
KabarPelatihan

Webinar Peningkatan Kompetensi Guru BMR Tingkat SD dan SMP se-Riau

×

Webinar Peningkatan Kompetensi Guru BMR Tingkat SD dan SMP se-Riau

Sebarkan artikel ini

BMR-Pekanbaru–Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dan Yayasan Seri Melayu kembali melaksanakan Webinar Peningkatan Kompetensi Guru Muatan Lokal Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR). Webinar kali ini khusus untuk jenjang SD/SMP se Provinsi Riau.

Webinar dijadwalkan akan berlangsung selama empat hari dimulai pada Selasa-Rabu (13-14 Juli 2021) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Kamis-Jumat (15-16 Juli 2021) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) Webinar akan dilangsungkan secara daring (dalam jaringan) via Zoom Meet. 

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

Ketua pelaksana webinar, Masrinur dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, narasumber yang menjadi pemateri adalah para ahli yang berkempeten pada bidang masing-masing terutama yang berkaitan dengan Budaya Melayu Riau (BMR).

“Nasumber tersebut adalah Datuk Seri H. Al azhar (Ketua Umum MKA LAM Riau), Datuk H. Taufik Ikram Jamil (Budayawan),  Dr. Junaidi, SS, M.Hum (Rektor Universitas Lancang Kuning),  Dr. Elmustian Rahman (Dosen Universitas Riau), Derichard H. Putra (Penulis), dan Syaiful Anuar (Penulis),” ujar jelasnya. 

Masrinur melanjutkan, pelaksanaan webinar ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru muatan lokal Budaya Melayu Riau dalam proses mengajar yang lebih efektif, efisien dan inovatif, sehingga peserta didik lebih aktif, serius, dan antusias mengikuti pembelajaran. Selain itu juga untuk penerapan capaian muatan 40% budaya Melayu tempatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam kurikulum K13 revisi 2019 yang telah disahkan oleh Gubernur Riau.

Baca Juga:  Narawita Gelar Webinar Pendidikan Budaya Melayu di Sekolah

Capaian kompetensi peserta yang diharapkan dari webinar adalah memiliki sikap yang terbuka untuk menerima pelajaran Mulok BMR serta memiliki keinginan yang kuat untuk mengimplementasikannya. Peserta juga diharapkan memiliki pemahaman yang mendalam tentang kurikulum 2013, mampu menganalisa menganalisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), buku guru dan Siswa.

“Selain itu, peserta juga dituntut memiliki kemampuan menyusun perangkat pembelajaran dengan mengacu pada Kurikulum 2013, memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan pendekatan scientific secara benar serta memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learningproject based learning dan discovery learning. Para guru Mulok BMR ditargetkan memiliki keterampilan penilaian autentik dengan benar dan mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan runtut, benar serta santun,” tambahnya.

Sebelumnya, akhir tahun lalu kegiatan yang sama telah dilaksanakan untuk guru mata pelajaran BMR tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dan pondok pesantren se-Riau. Webinar menghadirkan pembicara orang-orang yang berkompeten dibidangnya, termasuk dari Kanwil Kemenag Riau.

Webinar Peningkatan Kompetensi Guru Mulok Pendidikan BMR ini dinilai penting untuk memberikan pembekalan serta sosialisasi lebih mendalam tentang mata pelajaran BMR. Yayasan Seri Melayu sendiri sebelumnya juga telah menggelar berbagai pelatihan dan sosialisasi di kabupaten/kota se Riau.

Pendaftan peserta webinar sudah bisa dimulai dari sekarang hingga 13 Juli 2021 mendatang. Bagi guru Mulok BMR yang ingin mengukuti webinar dapat mendaftar di  tanpa dipungut biaya. Untuk narahubung dapat menghubungi 0811753641, 081365658888 dan 082273487905 (kantor). 

Baca Juga:  Suatu Keniscayaan, Mulok Budaya Melayu di Sekolah

Link Pendaftaran: Klik>> 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *