Scroll ke bawah untuk melihat konten
Pakaian Melayu

Baju Kurung

×

Baju Kurung

Sebarkan artikel ini
Pakaian Melayu diperagkan model pada Seminar Upacara Adat Melayu Riau. Foto: Dok. Disbud Riau

BAJU KURUNG adalah adalah satu bentuk dari baju Melayu selain baju kebaya. Baju ini dikenakan seperti memakai kaos yaitu baju disarungkan dari labuh baju. Baju kurung digunakan untuk menghadiri berbagai upacara resmi ataupun aktivitas.

Pemakaian baju kurung dilakukan oleh laki-laki dan perempuan. Perbedaan bentuk pakaian tersebut adalah baju kurung perempuan memiliki labuh hingga ke lutut, alas leher sempit dan tidak memiliki saku. Baju kurung laki-laki memiliki kedalaman hingga pinggul atau satu jengkal di atas lutut, alas leher melebar, dan dilengkapi dua dan tiga saku. Terdapat dua jenis baju kurung, yaitu baju burung teluk belanga dan baju kurung cekak musang. 

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

Baju kurung dipadukan dengan kain songket, yaitu kain samping untuk laki-laki dan kain bawahan untuk perempuan. Kaum perempuan juga memadukan baju kurung dengan penutup kepala berupa tudung lingkup, kerudung atau tengkuluk, ataupun tudung mento.

Jenis-jenis Baju Kurung
Terdapat 2 jenis baju kurung yaitu baju kurung teluk belanga dan baju kurung cekak musang.

Baju Kurung Teluk Belanga
Baju kurung teluk belanga mempunyai leher berbentuk bulat dan belahan di bagian depan yang diberi satu anak kancing. Pada keliling leher baju dilapisi dengan kain lain dan dijahit yang disebut sembat halus, sedangkan pada bagian pinggiran dijahit tulang belut halus. Pada ujung belahan dibuatkan tempat untuk mengancingkan baju yang disebut rumah kancing dengan menggunakan jahitan benang yang dinamakan insang pari

Baca Juga:  Baju Kebaya Pendek

Lengan baju kurung teluk belanga dibuat panjang dan longgar pada bagian ujung (tidak berkancing), berkekek sapu tangan atau berkekek gantung. Potongan badan lurus dan mengembang di bagian bawah. Baju teluk belanga memiliki dua kantung baju yang dipasang pada bagian bawah.

Baju Kurung Cekak Musang
Baju kurung cekak musang hampir sama dengan baju kurung teluk belanga. Perbedaan terletak pada bagian leher yang diberi kolar selebar dua jari, tiga saku baju yaitu 1 pada bagian atas sebelah kiri, dan dua pada bagian bawah, dan lima anak kancing pada bagian depan. Kaum laki-laki dan perempuan Melayu memakai baju kurung cekak musang ini ke acara resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *