Scroll ke bawah untuk melihat konten
Permainan Tradisional

Permainan Yeye

×

Permainan Yeye

Sebarkan artikel ini
Permainan Yeye. (foto: budayamelayuriau.org)

YEYE adalah permainan yang menggunakan tali atau karet gelang dijalin panjang yang dipegang dua pemain pada kedua ujung. Seorang pemain kemudian  melompati atau memainkan tali tersebut dengan kedua kakinya.

Secara umum, terdapat 2 jenis permainan yeye yaitu permainan yang diputar dan permainan yang tidak diputar. Permainan yang diputar terlebih dahulu melakukan undian untuk memilih kawan. Kemudian sit menentukan siapa yang akan memutar dan siapa yang akan melompat. Pada saat diputar dan pemain mulai masuk ke dalam putaran, maka pemutar mulai menyanyikan lagu mengiringi permainan tersebut. Selain lagu, kadang putaran dihitung sesuai dengan ketentuan. Semakin lama semakin banyak jumlah hitungannya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

Permainan yang tidak diputar dimainkan oleh dua orang berdiri sejajar memegang tali untuk dilompati pemain lain. Dimulai dari bawah mata kaki, lutut, pinggang, dada, dagu, telinga, kepala, kepala ditambah kepalan tangan, dan terakhir setinggi kepala yang ditambah sejengkal. Ada juga yeye  dimainkan 3 lawan 3 yang jalinan karet disambungkan membentuk segi tiga dan tinggi dipasangkan karet tersebut hampir sama dengan aturan yang tidak diputar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *