Scroll ke bawah untuk melihat konten
Evaluasi BMR SMP/MTs

Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Kelas VIII SMP/MTs Bab 8

×

Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Kelas VIII SMP/MTs Bab 8

Sebarkan artikel ini
Buku Muatan Lokal (Mulok) Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas VIII SMP/MTs ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: budayamelayuriau.org)

Soal-soal evaluasi ini bersumber kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas VIII terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar.

Mata Pelajaran : Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: VIII SMP/MTs
Bab 8: Permainan Tradisional dengan Peralatan

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada Buku Siswa Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) SMP/MTs Kelas VIII. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

I Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang benar! 

1. Berikut adalah permainan tradisional dengan peralatan, kecuali…

a. galah panjang
b. gasing
c. congkak
d. setatak

Jawaban: a. galah panjang

2. Pengertian dari permainan tradisional adalah…

a. permainan yang dimainkan secara tradisional, dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat, berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya secara lisan
b. permainan yang dimainkan secara tradisional, dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat, berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya secara tertulis
c. permainan yang dimainkan secara modern, menggunakan peralatan modern, dan diwariskan secara tertulis
d. dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat

Pembahasan:
Permainan tradisional adalah permainan yang dimainkan secara tradisional, dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat, berpegang teguh pada norma-norma dan adat kebiasaan, serta diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya secara lisan. Permainan tradisional tercipta sebagai reaksi terhadap sesuatu hal, budaya, alam, ataupun wujud dari ekspresi kegembiraan anggota masyarakat.

Baca Juga:  Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal BMR Kelas VII SMP/MTs Bab 1

Jawaban: a. permainan yang dimainkan secara tradisional, dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat, berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya secara lisan

3. Permainan tradisional tercipta sebagai reaksi terhadap…

a. alam
b. budaya
c. kegembiraan
d. benar semua

Pembahasan:
Permainan tradisional tercipta sebagai reaksi terhadap sesuatu hal, budaya, alam, ataupun wujud dari ekspresi kegembiraan anggota masyarakat.

Jawaban: d. benar semua

4. Pada umumnya permainan tradisional diekspresikan melalui, kecuali…

a. gerakan fisik
b. nyanyian dan dialog
c. tebak-tebakan dan adu kecermatan 
d. keberuntungan 

Pembahasan:
Permainan tradisional diekspresikan dalam suatu gerakan fisik, nyanyian, dialog, nyanyian dan dialog, tebak-tebakan, adu kecermatan dalam penghitungan, ketepatan menjawab pertanyaan, dan belajar komunikasi. 

Jawaban: d. keberuntungan 

5. Permainan tradisional dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu permainan tradisional tanpa peralatan dan permainan tradisional dengan peralatan. 

Maksud dari permainan tradisional tanpa peralatan adalah…

a. permainan yang tidak memerlukan peralatan
b. permainan yang menggunakan peralatan
c. permainan yang tidak perlu dimainkan
d. benar semua

Pembahasan:
Secara umum, permainan tradisional dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu permainan tradisional tanpa peralatan dan permainan tradisional dengan peralatan. Permainan tradisional tanpa peralatan hanya memerlukan lapangan permainan sebagai tempat bermain, misalnya ya oma ya ama, harimau dan kancil, tam tam buku, dan gala panjang, sedangkan permainan tradisional dengan peralatan, selain lapangan permainan juga memerlukan berbagai peralatan pendukung untuk memainkannya, misalnya gasing, congkak, legu, bola kasti, dan engkrang atau si tinjak buluh.

Jawaban: a. permainan yang tidak memerlukan peralatan

Baca Juga:  Jawaban Esai BMR Kelas VIII SMP/MTs Bab 9 Pengolahan Tumbuhan Obat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *