Scroll ke bawah untuk melihat konten
Makanan Tradisional

Penganan Tradisional Kue Talam

×

Penganan Tradisional Kue Talam

Sebarkan artikel ini
Kue talam ubi khas Kuantan. Kue ini dikucung dengan daun pisang. Di dalamnya terdapat dua rasa yaitu manis dan keasin-asinan.

KUE TALAM adalah salah satu jenis dari kue basah. Penganan ini berbahan dasar ubi, pulut, ataupun tepung beras. Kue ini terdiri dari beberapa varian dan rasa. Varian biasanya dicampur dengan durian, ataupun kombinasi antara ubi dengan pulut dan ubi dengan tepung beras.

Kue talam berbentuk talam ataupun dikucung daun pisang dengan dua lapisan yang berbeda rasa, manis dan lemak atau gurih. Kue talam yang masak sempurna, biasanya bagian bawah agak keras dan bagian atasnya lembut. Bagian bawah juga lebih tebal dari pada bagian atas.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melihat konten

Jenis-jenis Kue Talam
Terdapat beberapa jenis kue talam yang dikenal di Riau.

Kue Talam Ubi
Talamm ubi terbuat dari bahan ubi kayu untuk lapisan bawah. Lapis atasnya terbuat dari tepung beras, santan kental dan garam secukupnya. Dapat juga ditambahkan dengan pewarna hijau dari daun pandan yang ditumbuk dan disaring. Cara membuatnya, parut ubi dan perah airnya, lalu aduk dengan gula merah dan garam secukupnya. Lapis pertama dikukus dahulu kemudian tuangkan lapis keduanya. Kukus hingga masak.

Kue Talam Pulut
Talam pulut dibuat dari bahan pulut, tepung beras, gula pasir, santan dan garam secukupnya. Lapisan pertama dibuat dengan memasak pulut dan santan hingga cukup lunak lalu tuangkan dalam cetakan. Lapis kedua dibuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan dan gula pasir. Setelah lapisan pertama dituang dalam cetakan, kemudian tuang lapisan kedua, lalu kukus hingga masak.

Baca Juga:  Lengkong

Kue Talam Ketan Durian
Talam durian terbuat dari tepung pulut putih, tepung pulut hitam, gula pasir, santan kelapa dan vanili. Bahan untuk lapis atasnya yaitu santan kelapa, tepung terigu, garam, gula pasir dan daging buah durian. Cara membuatnya, campur semua bahan untuk lapisan bawah, aduk sampai rata dan masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak dan kukus hingga masak. Campur dan aduk bahan untuk lapisan atas dan tuang di atas lapisan pertama, lalu kukus. Setelah dingin potong-potong sesuai selera.

Kue Talam Beras
Talam beras terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan gula merah. Lapis bawah kue terbuat dari tepung beras dicampur dengan gula merah dan bagian atasnya dibubuh dengan santan kental. Kue ini dikukus dalam loyang hingga masak. Kemudian angkat dan dinginkan, lalu potong sesuai selera, hidangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *